SATU RUMAH HANGUS DILALAP SI JAGO MERAH DI DESA PANA

Enrekang,- Kejadian kebakaran pemukiman menghanguskan satu unit rumah warga milik Ansar Gasang di Dusun Kalekpek, Desa Pana, Kecamatan Alla, Selasa (22/06/2021) Dini Hari sekira Pukul 01.00 Wita. Akibat kejadian tersebut 1 unit sepeda motor, 5 karung gabah hasil panen, uang tunai 3 juta rupiah, beserta barang elektronik dan perabot lainnya ikut hangus dilalap si jago merah. Sementara pemilik rumah Ansar Gasang bersama istri dan anaknya, tidak berada di tempat pada saat kejadian.
“Kami meninggalkan rumah sejak Senin siang (21/06/2021) sekira Pukul 11.00 Wita dan bermaksud ingin menginap di rumah keluarga di Dusun To’ Cemba, Desa Mata Allo, Kec. Alla sekalian membesuk salah seorang keluarga yang sedang sakit” kata Ansar.

Dampak rumah korban yang telah hangus terbakar

Menurut informasi yang di himpun Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Pusdalops-PB BPBD) Kab. Enrekang, kebetulan ada salah seorang warga yang menjadi saksi melintas di lokasi kejadian melihat api sudah membesar dan membakar rumah, dengan panik ia segera melaporkan kepada tetangga korban kemudian meminta pertolongan kepada warga lainnya. Mengetahui kejadian tersebut warga pun bergotong – royong melakukan pemadaman dengan alat seadanya dan mencoba menyelamatkan barang – barang korban, namun karena api sudah sangat besar sehingga tidak ada satupun barang yang dapat di selamatkan.

Setelah menerima laporan dari Kepala Desa Pana, petugas Pusdalops-PB menuju lokasi melakukan assesment, pengambilan data serta dokumentasi. Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Rudi Suarman, ST dan Kepala Seksi Kesiap siagaan BPBD Indra Audi Putra, SE sebagai pelaksana tugas saat tiba di lokasi membenarkan adanya korban dan kerusakan yang di timbulkan akibat kebakaran tersebut.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini namun kerugian di taksir ratusan juta rupiah. Kami sudah koordinasikan dengan pihak Baznas dan Dinas Sosial untuk segera di tindak lanjuti sesuai arahan Kepala Pelaksana BPBD Drs. Abdullah, MM, korban sementara mengungsi di rumah keluarga. Kebutuhan yang mendesak saat ini adalah tenda, sandang pangan, pakaian, dan perlengkapan balita. Rencananya besok Rabu (23/06/2021) akan di lakukan penyaluran bantuan logistik bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Enrekang, bantuan dan sumbangannya akan di serahkan langsung oleh Wakil Bupati Enrekang” kata Indra.(HumasBPBD)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *