JENAZAH PASIEN REAKTIF DI MAKAMKAN SECARA PROTOKOL COVID-19

Enrekang,- Pasien yang di duga terindikasi tertular Covid-19 asal Dusun Lekkong, Desa Pinang, Kecamatan Cendana, di nyatakan meninggal dunia pada Hari Selasa, (27/04/2021) Pukul 08.50 Wita di RSUD Massenrempulu Enrekang. Pihak Rumah Sakit membenarkan adanya kasus pasien tersebut berdasarkan hasil RapidTes yang di ambil pada saat pasien masuk Rumah Sakit sehari sebelum meninggal. Dari hasil RapidTes antibodi menunjukkan bahwa pasien reaktif, kemudian dilakukan pengambilan Swab PCR untuk menentukan diagnosa lebih lanjut, namun sebelum hasil RT-PCR keluar pasien atas nama Ramli usia 49 Tahun sudah meninggal dunia.

Jenazah pasien dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Dusun Lekkong secara protokol covid-19 oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Enrekang yang terdiri dari 9 orang personil. Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Indra Audi Putra, SE selaku koordinator dilapangan mengatakan bahwa petugas pemakaman sudah di lengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD).

“Sulitnya medan yang sempit serta nafas yang terbatas karena tertutup masker saat mengangkat peti dan menimbun jenazah, apalagi suasana Ramadhan saat ini tentunya butuh energi yang lebih, tetapi tidak menyurutkan semangat rekan – rekan petugas dalam melaksanakan tugasnya memakamkan jenazah secara protokol covid” kata Indra.

Kepala Pelaksana BPBD Drs. Abdullah, MM mengungkapkan “Pasien yang meninggal itu belum di pastikan covid atau tidak, karena masih menunggu hasil Swab, namun karena hasil Rapid sudah reaktif maka harus di laksanakan pemakaman sesuai prosedur, di khawatirkan pasien tersebut sudah terpapar covid” ungkap Abdullah.

“Data kasus Covid-19 dari Dinas Kesehatan Enrekang, pasien yang meninggal terkonfirmasi sejak awal pandemi Tahun 2020 hingga sekarang tercatat sudah mencapai 25 kasus konfirmasi meninggal dunia. Semoga tidak ada lagi tambahan kasus berikutnya dan semoga Enrekang sudah masuk zona hijau dalam waktu dekat” lanjut Abdullah.(HumasBpbd)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *